MOCHAMMAD ROFIQ's Blog


Kandungan Jamur Tiram
15 Desember 2009, 01:11
Filed under: Uncategorized


Kandungan gizi

Jamur mempunyai kandungan gizi cukup baik. Komposisi kimia yang terkandung tergantung jenis dan tempat tumbuhnya.

Dari hasil penelitian, rata-rata jamur mengandung :

jamur tiram putih

  • 19-35 persen protein yang lebih tinggi dibanding beras (7,38 persen) dan gandum (13,2 persen),
  • 9 jenis Asam amino esensial dari 20 asam amino yang dikenal.
  • 72 persen lemaknya tidak jenuh,
  • mengandung berbagai jenis vitamin, antara lain B1 (thiamine), B2 (riboflavine), niasin dan biotin.
  • berbagai jenis mineral, antara lain K, P, Ca, Na, Mg, dan Cu.
    • Kandungan serat mulai 7,4-24,6 persen sangat baik bagi pencernaan. Jamur mempunyai kandungan kalori yang sangat rendah sehingga cocok bagi pelaku diet.

Hasil studi di Massachusett University menyimpulkan bahwa riboflavin, asam Nicotinat, Pantothenat, dan biotin (Vitamin B) masih terpelihara dengan baik meskipun jamur telah dimasak. Hasil penelitian dari Beta Glucan Health Center menyebutkan bahwa jamur tiram (Pleurotus ostreatus) mengandung senyawa Pleuran (di Jepang, jamur tiram disebut Hiratake sebagai jamur obat), mengandung protein (19-30 persen), karbohidrat (50-60 persen), asam amino, vit B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (Niacin), B5 (asam panthotenat), B7 (biotin), Vit C dan mineral Calsium, Besi, Mg, Fosfor, K, P, S, Zn. Dapat juga sebagai antitumor, menurunkan kolesterol, dan antioksidan.

Para peneliti dari Ujagar Group (India) menyampaikan, bahwa jamur tiram memiliki nilai nutrisi yang sangat bagus dengan alasan:

ü      100 persen sayuran dan bersih;

ü      mengandung protein tinggi dan kaya vitamin-mineral;

ü      rendah karbohidrat, lemak dan kalori;

ü      bagus untuk liver, pasien diabetes, dan menurunkan berat badan;

ü      berserat tinggi membantu pencernaan;

ü      antiviral dan antikanker;

ü      mudah memasaknya dan mudah dicerna; dan

ü      jamur tiram merupakan jamur yang paling enak rasanya dibanding jamur pangan lainnya.

Dari hasil penelitian Departemen Sain, Kementerian Industri Thailand, jamur tiram (Oyster mushroom) mempunyai kandungan:

ü      protein 5,94 persen,

ü      karbohidrat 50,59 persen,

ü      serat 1,56 persen,

ü      lemak 0,17 persen,

ü      abu 1,14 persen.

Per 100 gram jamur tiram segar, mengandung :

  • 45,65 kalori,
  • 8,9 miligram (mg) kalsium,
  • 1,9 mg besi,
  • 17,0 mg fosfor,
  • 0,15 mg vitamin B-1,
  • 0,75 mg vitamin B-2, dan
  • 12,40 mg Vitamin C.

Jamur juga mengandung folic acid yang cukup tinggi, konon mampu menyembuhkan anemia.

Sebagai perbandingan, tempe yang terbuat dari kedelai yang kaya serat dan juga sebagai sumber berbagai nutrien seperti calsium, Vitamin B, dan besi, mempunyai kandungan sebagai berikut: kalori 204, protein 17 gram, lemak 8 gram, karbohidrat 15 gram, calium 80 mg, Fe (Besi) 2 mg, dan Zn 0,2 mg.

Bisa dibandingkan dengan daging ayam yang kandungan proteinnya 18,2 gram, lemaknya 25,0 gram, namun karbohidratnya 0,0 gram dan Vitamin C-nya juga 0,0 gram. Maka, kandungan gizi jamur masih lebih komplet sehingga tidak salah apabila dikatakan jamur merupakan bahan pangan masa depan.
Antikolesterol

Disebutkan bahwa para peneliti penyakit kanker menyarankan bahwa sebaiknya manusia mengonsumsi daging merah tidak lebih dari tiga ons per hari atau kurang dari itu. Daging tersebut adalah daging sapi, kerbau, kambing, dan babi yang dapat menyebabkan risiko lebih tinggi sebagai penyebab kanker usus, dan juga kemungkinan payudara, prostat, pankreas, perut, dan kanker ginjal. Kecil kemungkinan terkena kanker apabila mengonsumsi ayam dan ikan, dan untuk beberapa kasus malahan dapat melawan kanker. Sehubungan dengan hal itu, untuk yang senang mengkonsumsi burger disarankan untuk diselang-seling dengan ayam, seafood, sayuran, dan jamur (Anonympus, 1999).

Saat ini beberapa jamur digunakan sebagai obat untuk melawan kolesterol, kanker, dan AIDS. Senyawa aktif jamur yang terkandung dikabarkan dapat sebagai antijamur, antibakteri, dan antivirus dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membunuh serangga dan nematoda. Pada tahun 1960, para peneliti berhasil menemukan pengaruh beberapa jamur sebagai antitumor. Komponen aktif yang dimaksud adalah polysaccharida, dan khususnya adalah Beta – D – Glucans. Sebagai standardisasi produk dari jamur tiram (Plurotus ostreatus dan P. eryngii) disebut Plovastin yang dipasaran sebagai suplemen penurun kolesterol. Komponen aktif dari Plovastin adalah statin, secara baik menghambat metabolisme kolesterol di dalam tubuh manusia (Itzkovich, 2001).

Hasil dari penelitian Bobek (1999) dari Research Institute of Nutrition Bratislava tentang “Natural products with hypolipemic and anti oxidant effect”. Telah dilakukan studi pada sebuah grup dengan 57 laki-laki: perempuan = 1:1, usia setengah umur, dengan kasus hyperlipoproteinemia. Selama satu bulan mereka mengonsumsi 10 gram jamur tiram secara teratur. Kesimpulan, secara statistik sangat menjanjikan, yakni kolesterol dan serum turun 12,6 persen dan triglycerol turun 27,2 persen. Jamur tiram juga mempunyai efek antioksidan dengan turunnya hasil peroksidasi di dalam eritrosit.

Beta-1,3/1-6-Glucan secara alami berasal dari polysaccharida yang secara intensif dipelajari sejak tahun 1950 sebagai antitumor dan perangkat immunostimulating (pemicu kekebalan). Pleuran adalah Beta- 1,3/1-6-Glucan diisolasi dari jamur tiram yang mempunyai kandungan polysaccharida tinggi, biasa digunakan untuk cream, salep, suspensi, dan bedak untuk perawatan wajah di dunia oleh peneliti dan perusahaan kosmetik untuk formulasinya (Contoh; Estee Lauder dan Clinique). Konsentrasi 0,5-2,00 persen. Perawatan wajah ini berguna untuk mengikat air, melembabkan kulit dan anti-inflamasi. Percobaan pada 121 pasien berjerawat kronis, diberikan setiap hari selama 21 hari, hasilnya 73,5 persen kondisinya membaik, 18,2 persen sembuh total (Kuniak et al, 1995. Faculty of Pharmacy and STV, Batislava, Slovak Republic in Beta Glucan Health Center, http://www.glucan.com/therapy 2002). Sumber: Kompas, Jum’at 30 Agutus 2002

Tentang KINOKO FARM

“KINOKO FARM” adalah sebuah usaha yang fokus di bidang produksi dan distribusi Jamur Tiram (Pleurotus florida dan Pleurotus ostreatus). Usaha ini didirikan pada tanggal 11 Februari 2009, oleh Mochammad Rofiq dan Ariesaldy Putra, Mahasiswa Pertanian UniBraw Malang, dengan latar belakang hobi dan keinginan yang kuat untuk menjadi entrpreuneur muslim muda. Awal mula berdiri, usaha ini bernama “Nitro Farm” kemudian awal Juni 2009 usaha ini berubah nama menjadi “Kinoko Farm”. Ber-slogan “Dengan UKHUWAH, kami bangun jaringan & memberikan pelayanan yang terbaik” diharapkan usaha ini nantinya dapat memperkuat UKHUWAH keislaman antar sesama umat muslim dengan jaringan yang luas serta dapat bermanfaat bagi semua khalayak, khususnya umat muslim.

Keunggulan dari KINOKO FARM sendiri, yaitu :

1. jamur yang diproduksi adalah varietas yang baik

2.  jamur yang didistribusikan adalah jamur segar baru panen

3. memberikan pelayanan order by SMS yang memudahkan konsumen dalam hal pemesanan.

Untuk info pemesanan dan bagi yang ingin menjadi agen kami, hub. :

Moch.Rofiq  0856 4677 6599 (Malang)

Ariesaldy P. 0852 3486 0087 (Sidoarjo)

Semoga kami bemanfaat untuk Anda fid-dunya wal aakhirat. Salam Ukhuwah All the time.

Wassalammu’alaykum Wr.Wb.

About these ads

53 Komentar so far
Tinggalkan komentar

fiq… kalo ada orang yg ingin bermitra dengan anda.. bagaimana caranya…?

Komentar oleh Aulia Wika Pratama

caranya gampang. Sistem kerjasama sudah aku buat. Mengenai pasar dan Pemasaran sudah ada. Jadi bagi yang bermitra tidak perlu bingung lagi terkait pemasaran Jamurnya.
Aku juga udah ekspan ke Sidoarjo dan Surabaya. Per hari kebutuhan jamur di 2 kota tersebut kurang lebih mencapai 1,5 kwintal. Cuma Kinoko Farm Baru bisa memenuhi 60%nya saja.
Silahkan Kalau mau bergabung. Kami membuka lebar pintu kerjasama bagi yang berniat serius dan bersungguh-sungguh untuk usaha Jamur Tiram.
^^

Komentar oleh rofiq90

waduh…..da yang jual jamurnya jamur ndak ya =D

Komentar oleh mutaneyan

hehehe…kalo dijual c gk ada.adanya yang gratiz…^^

Komentar oleh rofiq90

ya ampun rofiq…
tmbah sip ae hehe..

Komentar oleh qulbiah

setuju…
tapi q mau nanya bagaimana cara atau aplikasinya di dalam menyembuhkan penyakit anemia tadi?

Komentar oleh dannyan taba rahim

kalau secara pastinya aku tidak tahu.
tapi kalau pengen sehat, jamur tiram bisa dikonsumsi dengan cara dikulub. Lalu di makan. kalau gak suka yang hambar, bisa dimakan sebagai campuran pecel. Insya Allah kandungan gizinya tetap terjaga.

Komentar oleh rofiq90

wah,,, kalau begitu,, lebih – lebihin aja makan jamurnya,, Karena manfaatnya ternyata baik juga.

Komentar oleh sindy silviana

iya. belinya di aku ya!
hehehe…

tapi…sebaik apa pun suatu perkara, apabila berlebihan juga dampaknya akan menjadi tidak baik. yang sedang sedang aja lah…! hhehehehe..

Komentar oleh rofiq90

klo uda panen bilang2 dunk…
aq maw dunk…
hehe..

Komentar oleh nadia

oke. ^^

Komentar oleh rofiq90

bgu u u u u u s s s s. . . orng non muslim boleh bli g ni. . . ????

Komentar oleh abu bakar assidiq

wah..boleh banget. tidak ada pembedaan apa pun bagi yang ingin membeli jamur ke saya. Karena saya seorang muslim, maka saya bercita-cita menjadi pengusaha muslim yang bener2 bisa bermanfaat bagi semua khalayak.^^

Komentar oleh rofiq90

Bagus mas peluang usaha jamur tiram ini…
jika sudah menggelutinya,tolong dikelola dengan baik…

Komentar oleh Monih Yukrido N

iya.terima kasih banyak atas saran briliantnya.
mohon bantuannya ya apabila saya mempunyai kesulitan-kesulitan!^^

Komentar oleh rofiq90

setuju

Komentar oleh naimwong7

kaLo jadi peNgusaha jAmur….jAngan Lupa bagi2 ke tEmennya yaH?????hehehehhehe……….

Komentar oleh ranindita

oyi.ayo…anak2 PT’07 ngadain masak2 bareng.ntar aku urunan jamurnya.^^

Komentar oleh rofiq90

bagi2 donk jamurx…..
jamur pa y yang paling bgus?????

Komentar oleh try sujarwo

tujuannya untuk apa dulu?

Komentar oleh rofiq90

yg mateng ada g fiq??? hahaha

Komentar oleh Joni

Ada. bisa dibeli di warung-warung lalapan di daerah kerto2an. atau di outlet jamur crunchy yang ada di kertosentono. hehehe…

Komentar oleh rofiq90

jaur tiram tepung goreng,,,,,,,,
mak nyus!!!!

Komentar oleh putri nugraha

pak bondan bangetz.hhehehe..
sip…uennaaakk tenan..Apalagi kalau ditambah saus sambal dan tumis tahu. ehmmm…menggoyang lidah. ^^

Komentar oleh rofiq90

Siipp
semoga usaha jamur tiramnya lncar trus y…

Komentar oleh dinarpalupi

kalo ge panen jangan lupa bagi2 ma temen dnk…

Komentar oleh aziezanurulainie

Amiyn…trims do’anya.
insya Allaoh gak pernah Lupa. di Blog mau pun di group FB, aku kan slalu ingat pada temen2 dengan cara menawarkan jamurku. mau beli jamur? hwhhehehe..

Komentar oleh rofiq90

bagusss,, baguss,,
peluang usaha jamur tiram ini,,

Komentar oleh ratumas

yup.prospek ke depannya cukup bagus.

Komentar oleh rofiq90

ternyata jamur banyak manfaatnya
ya…
trus gmn donk…
cara biar jd suka makan jamur..
kan sebagian orang ga suka tu…

Komentar oleh reni

kenapa ada orang yang gak suka makan jamur?
padahal jamur itu baik sekali bagi semua orang, terutama vegetarian. tekstur jamur kenyal seperti daging. So, coba aja!
mau ditumis, di goreng, di pepes, di botok, campuran nasi goreng dan mie, dll.

Komentar oleh rofiq90

dari sekian banyak jamur mana. jamur apa yang paling bagus dan mahal

Komentar oleh baguzzekali

tujuannya untuk apa dulu?
setahu saya jamur untuk obat yang bagus adalah jamur lingzhee. harganya bisa mencapai -+ 400rb/kg.
untuk konsumsi mewah dan kesehatan ada jamur Shiitake. harganya bisa mencapai 60rb/kg.

Komentar oleh rofiq90

baguuuussssss

Komentar oleh twicia26

betul tch,,, jd bnyk”lh mkn jamur tmn”,,,
he,,,

Komentar oleh anariyanti

Peluang jamur akhir2 ini sgt baik..teruskan!

Komentar oleh wicaakz

bedanya jamur tiram sm jamur merang ap ya??

Komentar oleh ar460rn

bedanya:

JAMUR TIRAM : -jenis jamur kayu, media utamanyanya serbuk gergaji atau kayu gelendongan yang udah lapuk

JAMUR MERANG : -jenis jamur kompos, media utamanya adalah merang (jerami padi)atau bisa juga menggunakan kardus

itu yang sebatas saya tahu.

Komentar oleh rofiq90

Mau tanya..
Adakah kemungkinan manusia yang berkecimpung dalam usaha budidaya jamur tiram terinfeksi spora dari jamur tersebut?? Jika ada, seberapa fatal akibatnya..??

Komentar oleh Patar Ronnie Hatigoran

Thank’s atas pertanyaannya.Bagus sekali.
Ya, kemungkinan ada. Spora jamur sangat berbahaya apabila terhirup saat kita bernafas.
spora jamur banyak keluar terutama pada malam hari. Kondisi di dalam kumbung seperti berkabut.
Apabila terhirup, akan menyebabkan bolongnya membran plasma paru-paru atau alveoli. Spora jamur lebih berbahaya dan tajam daripada debu karena spora itu hidup. Untuk itu, bagi setiap pengusaha atau petani jamur bahkan untuk konsumen sekalipun, jangan pernah membau atau menghirup jamur yang masih mentah. usahakan pakai masker apabila memanen dan lagi packing jamur untuk menghindari bahaya spora yang terhirup ke dalam paru-paru.
mohon maaf apabila ada kesalahan kata-kata.

Komentar oleh rofiq90

bagusss baget usahanya…
kapn2 boleh gabung gk????

Komentar oleh hevi

boleh.silahkan aja gabung!
dengan senang hati kami menyambut kerjasama Anda.^^

Komentar oleh rofiq90

oke wes

Komentar oleh dephie02

ya…ya….percaya aja pa kata sang manajer…
arum kapan2 pesen jamur ya…yang segar, sehat,tapi GRATIS…ok…
lanjutkan bisnismu Fik, cayo….kapan2 traktiran po-o, biar rezikinya tetap lancar dan barikah….hwk…

Komentar oleh arum

hehehe…
insya Alloh..
Amiyn..
makanya, belio jamurku dulu!ntar tak traktir makan jamur. ^^

Komentar oleh rofiq90

wah…, mnyelam sambil minum air ne! hehe aq psen, yng gratisan tp…hehe

Komentar oleh byhucky

kelelep donk mas.hehehe..
Alhamdulillah…media promosi gratis sambil kuliah.
gak salah aku ambil makul TIM.
^^
ada yang gratisan mas. tapi jenis jamur kulit alias panu. hehehe..

Komentar oleh rofiq90

Ok klo begitu

Komentar oleh rian21

yah aq belum di aprove y komenq….

Komentar oleh monihyukrido

udah kok.
^^
thank’s banget atas commentnya.

Komentar oleh rofiq90

cara budidaya jamur apakh sulit???

Komentar oleh mahuda

mau donk…jamur tiramnya

Komentar oleh icacaplukz

yo opo nek ditambah jamur abm… pengen tw lebih lanjut.. kunjungi blogku

Komentar oleh rifqi




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: